https://denpasar.times.co.id/
Berita

Sambut World News Day, Presidium ICEC Terpilih Siap Hadirkan Jurnalisme Berkualitas

Sabtu, 21 September 2024 - 14:00
Sambut World News Day, Presidium ICEC Terpilih Siap Hadirkan Jurnalisme Berkualitas Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria saat memberikan sambutan dan membuka acara Kongres I ICEC. (Dok ICEC for TIMES Indonesia)

TIMES DENPASAR, JAKARTA – Menyambut World News Day, yang diperingati setiap 28 September Kongres I Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia atau Indonesia Chief Editors Club (ICEC) secara virtual, dengan tema "Mengembalikan Kepercayaan Publik Terhadap Media dengan Jurnalisme Berkualitas Jumat malam (20/9/2024) telah memilih tujuh presidium dan Badan Pertimbang Organisasi serta Majelis Kehormatan.

Sebelumnya Kongres I ICEC dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria yang juga  memaparkan materi terkaiy dengan peran strategis ekosistem jurnalisme dalam menjaga demokrasi.

Nezar mengatakan ada tiga prinsip ekosistem jurnalisme dalam menjaga demokrasi yaitu independen, berkualitas dan pluralistik.

"Ekosistem jurnalisme idealnya mendukung profesionalisme, melibatkan publik dan tentunya semakin berkualitas tak hanya dari produk jurnalistik tetapi juga persaingan usaha yang sehat," kata dia.

ICEC-3.jpg

Nezar menambahkan saat ini  terjadi perubahan signifikan industri media, salah satu faktornya adalah bergesernya preferensi konsumen dengan dukungan teknologi digital.

Pembaca menginginkan informasi yang mudah diakses darimana pun, tambah dia.

Sementara Kongres I ICEC yang berlangsung hingga pukul 23.45 WIB berhasil memilih tujuh presidium yaitu Erik Somba, Rusman, Djufri Rachim, Insany dan Yatimul Ainun, Zuhri Muhammad dan Nila Ertina FM.

Kongres  juga memilih Badan Pertimbangan Organisasi yaitu Upi Asmaradhana,  Nurkholis dan  Nengah Muliarta, tak ketinggalan juga terpilih lima orang Majelis Kehormatan dengan komposisi tiga dari eksternal dan dua internal ICEC, Hendrayana, Yosep Adi Prasetyo, Yenti Garnasih, Maryadie dan Wenseslaus Manggut.

Ketua Presidium ICEC, Erik Somba mengatakan terbentuknya kepengurusan ICEC ini merupakan momentum yang sebenarnya sudah dicita-citakan sejak 3 tahun lalu.

"Menghadirkan jurnalisme berkualitas di tengah disrupsi digital saat ini tentu menjadi langkah kongret sebagai upaya memenuhi hak kepada publik," kata dia. 

Dia menambahkan terkait visi dan misi ICEC, adalah sebagai berikut.

ICEC-4.jpg

Visi: Mewujudkan kemerdekaan pers yang bertanggung jawab dan meningkatkan jurnalisme berkualitas, profesional, independen, dan mengawal kepentingan publik.

Misi:
1.    Menjadi wadah silaturahmi dan koordinasi antar pemred dalam membangun redaksi yang independen dan berpihak pada kepentingan publik.
2.    Menjadi wadah bertukar ide dan keahlian dalam mengelola media dan memimpin media.
3.    Sebagai wadah mewujudkan profesionalitas pemred yang mengedepankan pemberitaan yang mengutamakan kebenaran data dan fakta.

Sebelumnya, ICEC dideklarasikan pada World Press Freedom Day, 3 Mei 2024 oleh 57 Pemimpin Redaksi di Indonesia di Kota Palembang Sumatera Selatan. ICEC sendiri diinisasi sejak 2022 lalu.(*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Denpasar just now

Welcome to TIMES Denpasar

TIMES Denpasar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.