Berita

Polisi Lakukan Pencegahan Mudik Lebaran 2021 Mulai Hari Ini

Senin, 12 April 2021 - 13:27
Polisi Lakukan Pencegahan Mudik Lebaran 2021 Mulai Hari Ini Ilustrasi - Polisi melakukan pencegahan aktivitas mudik lebaran 2021. (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMES DENPASAR, JAKARTA – Pihak kepolisian mulai melakukan pencegahan aktivitas mudik, setelah adanya aturan larangan mudik lebaran 2021. Mulai hari ini, Senin (12/4/2021) Korlantas Polri melakukan pencegahan di 333 titik.

Kegiatan pencegahan bertajuk Operasi Keselamatan tersebut dilakukan hingga 25 April 2021. Hal ini sejalan dengan putusan pemerintah yang melarang aktivitas mudik lebaran pada 6 Mei hingga 17 Mei 2021 mendatang.

Dalam pencegahan itu, setiap warga atau pengendara yang melewati pos penyekatan akan diperiksa oleh petugas. Mereka harus menunjukkan hasil swab test atau rapid antigen, maupun tes menggunakan alat GeNose.

"Kalau ada yang bepergian dengan alasan tertentu, diperiksa surat-surat dan dipastikan dalam keadaan sehat atau cek protokol kesehatan,” kata Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Rudi Antariksawan dalam keterangan resmi, Minggu (11/4/2021), yang dikutip pada Senin (12/4/2021).

Operasi Keselamatan itu akan disosialisasikan secara masif agar masyarakat bisa memahami alasan pelarangan mudik Lebaran 2021. Apabila warga tetap nekat mudik maka akan ada tindakan hukum.

Selain itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengantisipasi aksi kejahatan jalanan dan terorisme.

Ia juga meminta seluruh anggota kepolisian untuk meningkatkan kewaspadaan dari berbagai kemungkinan selama Ramadan dan Idul Fitri 2021.

"Lakukan pengamanan secara maksimal di tempat yang menjadi pusat kegiatan masyarakat seperti rumah ibadah, pusat belanja dan tujuan wisata agar masyarakat merasa aman,” terangnya.

Tentunya, ia juga meminta anggota polisi  mengantisipasi kemacetan, juga berharap seluruh pihak mendukung dan  menyukseskan penerapan larangan mudik guna mencegah penyebaran Covid-19.

Pencegahan melalui Operasi Keselamatan yang dilakukan kepolisian ini merupakan upaya menekan peningkatan kasus positif virus corona atau covid-19. “Mari bersinergi, masyarakat juga perlu dilibatkan untuk tidak mudik terlebih dahulu,” ujar Istiono terkait larangan mudik Lebaran 2021. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Denpasar just now

Welcome to TIMES Denpasar

TIMES Denpasar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.